Selasa, 26 April 2011

Mata Kail

Mata kail adalah salah satu alat untuk menangkap ikan yang paling populer dan digunakan untuk memancing.
Mata kail digunakan sebagai tempat untuk menaruh umpan pancing, yang pada awalnya terbuat mulai dari tulang atau kayu keras pada zaman dahulu.
Pada masa kini bermacam mata kail sudah dapat dibuat dari berbagai macam logam keras seperti dari besi (yang diberi lapisan chrome), baja atau bisa juga dengan campuran bahan logam lainnya misalnya dari bahan karbon.
Dalam pengorganologian mata kail seperti gambar di bawah ini yaitu:
-   Eye yaitu lubang mata pancing untuk mengikat senar.
-   Shank yaitu tangkai kail yang bentuknya lurus, disebut juga badan kail.
-   Gap atau jarak antara ujung pancing ( point ) dengan batangan kail yang lurus (shank).
-   Throad atau jarak lekukan kail (bend) paling bawah dengan ujung pancing (point).
-   Bend yaitu lekukan kail antara tangkai kail yang lurus (shank) menuju barb.
-   Barb yaitu bagian runcing terbalik dengan point berguna sebagai pengait.
-   Point yaitu ujung pancing yang berbentuk runcing.
Mata kail juga mempunyai bentuk dan ukuran yang beragam seperti gambar yang di bawah ini.
-   O'Shaughnessy
Kail ini dinamakan sesuai dengan design dan bentuknya yang spesifik. Kail ini merupakan mata kail standar, dibentuk dengan bengkokan yang sangat kuat. Kail ini relative lebih gemuk dan  sangat kuat. Umumnya digunakan untuk mancing di laut dengan tehnik mancing dasar. Ukurannya berkisar 3 sampai 19.
-   Aberdeen
Secara spesifik kail jenis ini banyak digunakan oleh pemancing air tawar dengan ukuran kecil, walaupun pemancing laut dapat juga menggunakannya. Tidak seperti o’shaughnessy,  kail ini dapat dibengkokan sesuai keinginan pemancing. Juga dapat dikembalikan ke bentuknya semula beberapa kali sebelum akhirnya menjadi lemah. Bagaimanapun juga, ketika seekor ikan terpancing dan barb atau pengaitnya menusuk secara benar, kail ini dapat memegang ikan tersebut dengan kuat. Kail ini dimodifikasi dengan memberikan bengkokan didekat batangnya untuk digunakan sebagai cetakan jig. 
-   Tone Circle
Kail ini merupakan sebuah inovasi baru yang  mempromosikan cara mancing yang baik bagi pemancing yang mengutamakan catch and release (mancing dan lepaskan). Design kail ini, bila digunakan dengan benar dapat mencegah kail tertelan oleh ikan. Kail ini didesign agar dapat bergerak menuju kearah sudut mulut ikan dan menancap ketika ikan berenang menjauh. Ketika Pemancing  merasakan ada gigitan ikan, pemancing dapat mulai menggulung  tali, perlahan dulu kemudian menggulung lebih cepat ketika kail sudah tertancap kuat di mulut ikan.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar